Pusat Aqiqah Surabaya Selamat Datang di AqiqahSurabaya.com, Website partner SyirkahAqiqah.com, Mudah, Amanah, Sesuai Syariah. Terima Kasih telah mempercayakan pilihan Anda pada Kami, "Semoga bertambah Berkah amal Anda semua di dunia dan akhirat, Amin..."

Memilih Kambing Untuk Aqiqah

Cara memilih kambing aqiqahMemilih kambing aqiqah di surabaya perlu memiliki pengetahuan informasi khusus mengenai dunia hewan dengan baik. Itulah sebabnya mengapa saat berencana memilih hewan untuk disembelih, hewan tersebut harus melalui pengecekan yang teliti untuk melihat tanda atau cirinya sebagai hewan sembelih yang berkualitas untuk dibeli.

Aqiqah merupakan salah satu moment untuk menyembeli hewan, dalam hal ini kambing atau domba. Kebanyakan masyrakat memilih kambing karena memang di Indonesia kambing lebih mudah ditemukan dan diternakkan. Kambing aqiqah terbaik yang akan disembelih syaratnya berumur minimal satu tahun dan memiliki kondisi fisik yang sehat.

Bagi yang ingin membeli sendiri kambing aqiqah, berikut disampaikan tips memilih kambing aqiqah yang tepat.

  • Memilih kambing yang sehat. Ciri kambing sehat antara lain tubuhnya kuat, lincah, dada lebar, pinggang lurus, kakinya kokoh, berukuran besar dan panjang tetapi tidak juga gemuk;
  • Perhatikan bagian matanya, kambing yang sehat matanya bisa fokus dan bisa melihat dengan jelas;
  • Perhatikan bagian dalam mulutnya terutama giginya, rahang giginya harus kuat mengunyah makanan;
  • Perhatikan kukunya jika tidak terdapat cacing;
  • Telinganya panjang menandakan bahwa dagingnya empuk;
  • Kambing yang memiliki daging banyak bisa dilihat di bagian punggungnya, pilih kambing yang punggungnya besar.

Kambing aqiqah harus dibeli dalam keadaan masih hidup, agar daging terjamin sehat dan memiliki riwayat kesehatan yang jelas. Membeli daging kambing yang sudah dipotong memiliki resiko yang lebih besar karena pembeli tidak melihat langsung kondisi kambing tersebut.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kambing yang sehat dan berkualitas adalah kambing yang harganya mahal. Padahal tidak demikian, kambing bisa dilihat dari ciri fisiknya, harga tinggi belum tentu menjamin kualitas daging. Anda bisa memilih kambing sesuai budget, untuk bisa mendapatkan kambing yang sesuai keinginan, Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber. Salah satunya melalui internet, kini sudah mudah mendapatkan layanan peternak hewan yang go online. Layanan ini juga sudah ada yang menyediakan paket kambing aqiqah lengkap dengan menunya. Bisa juga melalui rekomendasi kerabat, atau coba lihat salah satu layanan aqiqah surabaya online. Jangan ragu untuk bertanya agar mendapatkan kambing yang terbaik.

Sumber: Hukum Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hallo, Ada yang bisa Kami bantu?
Chat dengan CS Kami